19 September 2011

Pesaingan Google Plus dan Facebook








Sejak Google meluncurkan Google Plus-nya, sekilas tampilan Google Plus hampir sama dengan fitur-fitur yang ada di Facebook. Karena pihak Facebook melihat itu sebagai persaingan dari Google Plus maka tak heran Facebook meniru juga fitur-fitur yang ada di Google Plus. Liat saja minggu kemarin Facebook versi destop telah meluncurkan fitur tambah lokasi di fitur miliknya, yang awalnya ada pada Google Plus.
Begitu pun salah satu fitur yang dimiliki Google Plus yaitu Circle, dimana fitur ini memunginkan kita untuk menandai teman dalam akun kita dapat kita katagorikan menurut friends, family, acquaintances dan following.


Facebook pun ikut-ikutan memperbaharui fiturnya dengan Facebook List.

Persamaan Google Plus dan Facebook, beberapa orang mengatakan bahwa Google Plus adalah Facebook Killer berdasarkan berbagai macam fitur yang ditawarkan, oh benarkah?
Jika di facebook anda mengenal istilah WALL sedangkan di Google plus anda akan mengenal istilah Stream, keduanya hampir sama termasuk fitur Circle di Google plus.
Berikut ini adalah daftar persamaan antara Google Plus dan Facebook
  1. Google Stream = Facebook Wall
    Seperti yang saya sebut tadi kalau di google plus kita akan mengenal yang namanya Stream dan di facebook kita sangat familiar dengan WALL
  2. Google plus +1 dan Facebook like
    Jika di google plus anda akan menemukan +1 dan di facebook anda seringkali menggunakan facebook like keduanya sama saja.
  3. Google Plus Circle dan Facebook List
    Di Google plus anda akan langsung dikenalkan pada Google Circle yang berisi jaringan dan pengelompokan teman-teman anda sedangkan di Facebook biasanya mengguanakan facebook list
  4. Google Hangout dan Facebook Video Chat
    di Sidebar kanan google plus terdapat Google Hangout yang merupakai fitur video chat dan sama dengan yang terdaoat di Facebook Video Chat
  5. @ Mention Google Plus dan Facebook
    Jika anda sering pakai twitter di facebook juga anda bisa menggunakan tanda @ untuk menujuk orang tertentu sedangkan di google plus anda bisa menggunakan tanda @ dan tanda +

Dari sini beberapa fitur antara google plus dan facebook memang terbilang sama, tinggal nanti bagaimana fleksibilitas penggunaan antara Google plus dan Facebook. 


Artikel Terkait:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sobat untuk postingan ini.
*Komentar berbau spam akan dihapus.

Diberdayakan oleh Blogger.