30 December 2011

Teknologi Intel Thunderbolt I / O Bakal Banyak Digunakan di Tahun 2012



Saat pertama kali teknologi transfer data Thunderbolt diumumkan oleh Intel, tidak banyak vendor yang memberi perhatian pada teknologi ini.

Namun kini, beberapa vendor mitra kerja Intel telah mengumumkan akan menggunakan teknologi Thunderbolt di produk mereka, seperti motherboard, notebook dan personal computer (PC) desktop pada April 2012.

Thunderbolt adalah interface I/O (input output) paling baru yang dikembangkan oleh Intel. Nama asli Thunderbolt sebelumnya adalah Light Peak. Thunderbolt menawarkan metode baru koneksi transfer data berkecepatan tinggi melalui port PCI Express atau Display Port.


Awalnya, hanya Apple yang gencar mengadopsi Thunderbolt. Pada awal 2011 lalu, Apple mulai menyematkan teknologi ini pada produk terbaru MacBook Pro, iMac, MacBook Air, dan MacBook Mini.

Kini vendor Asustek Computer, Gigabyte Technology, dan ASRock juga akan mengadopsi Thunderbolt. Kabarnya, Sony dan Canon juga berminat mengadopsi teknologi ini.

Intel akan melakukan standarisasi teknologi ini secara bertahap dan menurunkan biaya adopsi Thunderbolt untuk para vendor pada semester kedua 2012.

Transfer file dan video bisa bisa mencapai 10 Gbps. Kecepatan ini dua kali lebih cepat dibandingkan USB 3.0 dan 20 kali lebih tinggi dari USB 2.0. Intel mengklaim, Thunderbolt mampu mentransfer data full-lenght high definition (HD) film kurang dari 30 detik.

Pada produk Apple, Thunderbolt dikoneksikan melalui Mini Display Port. Sehingga memungkinkan produk Apple melakukan transfer file video dengan performa tinggi, dan tampilan beresolusi tinggi.

Saya yakin teknologi Thunderbloldt ini akan menjadi teknologi standar tahun 2012, yang mungkin menggantikan USB 3.0 nantinya, ya kita liat saja nanti.

sumber : (kompas)


Artikel Terkait:

Powered by Blogger.